Buku Sekolah Elektronik (BSE)

Mungkin masih ada teman2 yang belum mengetahui tentang Buku sekolah elektronik (BSE) ato sering kita kenal dengan istilah e-books. Nah, klo pada belum tahu, gw melalui ini mau membantu pemerintah kita bagian (bagian?? haha..) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk mempublikasikan tentang BSE ini. Untuk mengaksesnya bisa membuka http://www.bse.depdiknas.go.id/

BSE ini merupakan layanan DEPDIKNAS untuk pendidikan Indonesia dengan menyediakan buku pelajaran yang dipakai di SD, SMP, dan SMA, dan sedarajatnya yang dipakai dalam KBM (kegiatan belajar mengajar). Di web ini kita bisa membaca buku pelajaran atau bahkan mendownloadnya. Dan lebih asiknya lagi, kita boleh memperbanyak buku yang kita download tadi. Asik ya? Dan untuk bisa mendownload kita harus register (gratis) dulu.

Wah, kalo gw liat, ini salah satu tindakan nyata DEPDIKNAS untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Makasih buat DEPDIKNAS. Tapi ada satu pertanyaan di benak gw, apa semua murid di Indonesia sudah bisa mengakses web ini dan menggunakan buku gratis nya ya?. Kan internet masih barang mahal di Indonesia. Dan lagi, untuk membacanya secara gratis dibutuhkan komputer.

Mungkin ini salah satu kendala dalam distribusi BSE ini. Teknologi yang digunakan DEPDIKNAS sudah bagus, dapat diakses siapa saja, dan dimana saja. Tapi sayang ya, tidak semua orang bisa menggunakan teknologi untuk mendapatkan barang gratis ini. Tapi ini mungkin bisa kita akali dengan mendownload dan memprintkan beberapa buku dan memperbanyaknya dengan meng-copy nya. Hm, cukup ampuh menurut gw. Dan mungkin copyan itu bisa di perbanyak lagi. Wah, klo bisa sepeti ini pasti akan membantu (lagi) untuk kemanjuan pendidikan kita.

Ayo kunjungi web BSE dan bantuk anak2 sekolah untuk mendapatkan buku sekolah gratis!

Adios!

2 komentar

  1. Anonim  

    30 September 2008 pukul 18.40

    Wah, keren tuh, Du, klo ada buku-buku teori dari luar yang bisa didownload oleh mahasiswa.. Harusnya perpus kita seperti itu ya.. Punya program e-book, biar penelitian yang dilakukan mahasiswa ga terhambat.. Ada temen gue blom bisa ngerjain UP karena teori yang dipakainya cuma ada di Belanda.. ehehe, adios.

  2. Edward Fernando  

    30 September 2008 pukul 18.45

    @ASTRI SIMBOLON

    keren sih kak..tapi web ini cuma buat sekolah aja..yah, SD, SMP, SMA lah..hehe..

    kasian amat teorinya cuma ada di belanda..aduh..knp dia ambil topik itu? hehehe..

    adios