Sidang STA

Setelah pengerjaan STA (seminar tugas akhir) selama beberapa bulan, tibalah waktu buat sidang STA gw. FYI, STA itu sebernya pengerjaan TA (tugas akhir), hanya saja yang dikerjakan masih bab 1 - 3. Dan jika sudah lulus STA, baru mengerjakan TA (bab 4 - 6) tentunya berbarengan dengan pengerjaan proyek yang dilakukan. kalau gw buat integrated hotel booking system dengan menggunakan JSF (java server faces).

Dengan langkah mantab menuju ke kampus dengan menggunakan kemeja lengan panjang (yang setiap acara resmi kampus pasti pakai itu) dan celana kain beserta sepatu pantofel pinjeman yang kegedean. Setibanya di depan TU gw bingung, kok gak ada orang2 yg akan dateng ke sidang gw ya? (yang mau sidang diwajibkan membawa teman untuk melihat min 5 orang. Mungkin buat pelajaran bagi mereka yang belum sidang kali ya?). Ternyata belum ada yang datang. Padahal hati sudah harap harap cemas, takut2 pada tidak datang.

Dan akhirnya temen2 gw berdatangan satu persatu. Dan tidak disangka sangka, yang tadinya minimal 5 orang, yang datang hampir 3x lipatnya, yaitu 14 orang! Hahaha. Thank you banget buat teman2 yang datang tadi ke sidang gw! Yah, memicuh semangat dan PD loh!

Trus gw disuruh pak Wasijan pegawai TKT fakultas buat siap-siap diruangan sidang. Dengan berat menuju ke ruang sidang, menyalakan laptop, menghubungankan dengan LCD proyektor, dan tentunya berdoa. Kemudian pak Niko datang (pembimbing gw) disusul dengan pak Radiant (penguji gw).

Kemudian dipersilahkan untuk memulai dengan ditonton temen2 gw yg 14 orang tadi. Pada awalnya sih lancar2 aja, tapi masuk ke bab 3 gw malah terbatah-batah ngomong nya. Mungkin butuh minum kali ya? maklum, tidak disediakan minum. haha.

Aah..lega. Akhirnya presentasi selesai, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ini dia sesi yang paling menakutkan. Hahaha. Kemudian pak Radiant menanyakan ke gw ttg beberapa hal, mulai dari bab 1 sampai ke bab 3.

Dan sialnya, gw malah grogi menjawab pertanyaan yang diajukan. Jadi kesannya gw tidak menguasai materi. Haha. Berusaha berkelit, ternyata tidak bisa. Apalagi pas ditanyain soal design ERD (entity relationship diagram). Maklum, pak Radiant juga dosen basis data. haha. Semakin tidak bisa mengelak saja. Dan akhirnya, gw terdiam..hiks..hiks..bingung harus ngejawab bagaimana. Menurut gw sih, udah grogi dari awal dan ditambah lagi, gw gak ngejelasin alur aplikasi nantinya bagaimana dan juga tidak menunjukkan prototype aplikasinya. Awalnya prototype udah beres, tapi karena flashdisk hilang (dan gak ada back up nya), gw jadi gak bisa melihatkan.

Setelah selesai, gw n temen2 yg lain keluar ruangan karena pembimbing dan penguji akan mendiskusikan apakah gw lulus STA apa tidak. Lumayan lama juga sih biking jantung dag dig dur duer! Dan akhirnya gw dipanggil masuk lagi.

"Hm...gimana ya???". Kata salah satu dosen.
Gw ngomong dalam hati, "Tidak..tidak..tidak..jangan bilang tidak lulus..", sambil nahan napas.
"Yah udah, kamu boleh melanjutkan ke TA", katanya lagi.

Aaaaaaahh....lega! itu yang pertama gw rasakan ketika dinyatakan boleh lanjut mengerjakan TA.

Akhirnya, STA gw beres dan berarti gw selangkah menuju kelulusan.

ps : thx bgt buat temen2 yg tadi datang ke sidang gw : Edward oki, Joiner, evi, adit, ricky, christian salusu, hari, natalia, cepi, ray, vina, imul, krisna

0 komentar