Auto mount drive NTFS pada Ubuntu

Ubuntu yang saya pakai (Lucid Lynx, 10.04) tidak langsung membaca drive NTFS ketika start-up. Alhasil, berhubung semua mp3 saya berada pada drive-d yang memiliki format NTFS, saya harus klik drive tersebut secara manual melalui file browser. Hal ini harus dilakukan supaya aplikasi music player saya bisa melakukan pembacaan file ke drive tersebut.

Nah, baru saja saya googling bagaimana agar ubuntu dapat langsung membaca drive NTFS (bahasa kerennya auto-mount) drive NTFS secara langsung ketika proses start-up? Kan enak, gak harus klak klik dulu klo mau dengerin mp3 :)

Berikut cara2 yang saya pakai :

  1. Buka terminal, dan ketikkan perintah berikut: sudo fdisk -l
  2. Hasil dari perintah tersebut adalah semua drive yang terbaca oleh ubuntu. Pilih dan catat drive NTFS yang akan anda auto-mount secara default. Misalnya /dev/sda1 (ini adalah drive C pada system windows saya)
  3. Buat mount-point untuk drive tersebut dengan mengetikkan : sudo mkdir /media/c
  4. Ketikkan perintah : sudo gedit /etc/fstab
  5. Tambahkan perintah berikut ini ke paling bawah file tersebut :
    /dev/sda1      /media/c ntfs-3g    default  0   0
  6. Save.
  7. Untuk melakukan pengecekan apakah anda sudah benar, ketikkan : sudo mount -a. Jika anda berhasil, maka drive C anda akan muncul di desktop, dan setiap kali anda membuka ubuntu, maka drive C akan secara automatis dibaca oleh ubuntu :)
Jika anda memiliki lebih dari satu drive NTFS yang mau di auto-mount, cukup mengikuti cara diatas dengan menyesuaikan nama drive dan mount-point nya saja.

Anda juga dapat menyesuaikan nama drive dengan yang anda mau. Misalnya saya mau ubah nama drive /dev/sda1 menjadi Drive-C. Sebelum memulai perintah ini, drive /dev/sda1 harus di unmout terlebih dahulu.

sudo umount /dev/sda1

Setelah di-unmount, ketikkan perintah berikut untuk merubah nama drive /dev/sda1 :

sudo ntfslabel /dev/sda1 Drive-C

Adios!

2 komentar

  1. lunenkz  

    15 Agustus 2010 pukul 13.12

    Cara ini udah banyak yang ngasih tau. Ane ada tips lain yang 100% berhasil di Ubuntu. Cara ini ga perlu pake Terminal cocok bagi pengguna yang udah kebiasaan pake GUI.

    Kalo mau baca, ni alamat posting Ane http://www.lunenkz.co.cc/automount-drive-di-ubuntu

    Salam kenal dari blogger baru...!!! Thanks...

  2. Edward Fernando  

    15 Agustus 2010 pukul 13.15

    oke, salam blogger!!

    :)