Saya baru 1 minggu ini memakai modem dari paketan smart, yaitu Haier c 100.
Alasan beli modem ini sih karena pindah kos dari tempat lama. Berhubung di tempat baru tidak ada koneksi internet, dengan sangat terpaksa saya beli modem smart ini.

Nah, kebetulan laptop saya memakai sistem dual boot, yaitu Ubuntu dan Windows Seven. Modem ini hanya dilengkapi driver untuk windows dan mac saja. Jadi harus oprek2 dikit supaya bisa memakai modem ini di OS Ubuntu.

Setelah perjuangan yang hebat cari-cari tutorial, akhirnya saya bisa melakukan koneksi internet memakai modem Haier c 100 di Ubuntu Lucid Lynx. Di versi ubuntu yang sebelumnya (Karmic Koala), modem ini tidak dapat dikenali secara langsung oleh Ubuntu. Jadi harus di oprek2 dulu. Yang masih memakai Karmic Koala, mungkin bisa mencoba tutorial yang ada disini. Kabar baiknya, Lucid Lynx (Ubuntu 10.04) dapat mengenali modem ini secara langsung. Silahkan ikuti cara yang saya pakai.

  1. Koneksi ke smart nanti akan memanfaatkan wvdial. Silahkan download dulu wvdial di sini. Nanti akan ada 4 file, install satu persatu secara berurutan (baca file txt nya, di situ dijelaskan step2nya) dengan cara double click.
  2. Colokkan moden ke port usb. Setelah didetect sebagai media storage, eject (ingat, eject. Bukan unmount / save remove)
  3. Nah, setelah itu, kata juragan2 di kaskus, kernel nya linux harus mengenali si modem. "Tak kenal maka tak sayang". Silahkan buka terminal, dan ketikkan kode berikut ini :
    sudo modprobe usbserial vendor=0×201e product=0×2009
  4. Ketikkan perintah berikut (Asumsi, anda telah menginstal wvdial dengan benar
    sudo gedit /etc/wvdial.conf
  5. Tambahkan beberapa baris kode berikut ini ke bagian bawah file tersebut. Baris yang sudah tersedia di dalam file tersebut dibiarkan saja.
    [Dialer smart]
    Auto DNS = on
    Init1 = ATZ
    Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    Stupid Mode = yes
    Modem Type = Analog Modem
    ISDN = 0
    New PPPD = yes
    Phone = #777
    Modem = /dev/ttyUSB0
    Username = ?smart?
    Password = ?smart?
    Baud = 460800
    Dial Command = ATDT
    FlowControl = CRTSCTS
    Ask Password = 0
    Stupid Mode = 1
    Compuserve = 0
    Idle Seconds = 300
  6. Jangan lupa disave. Kemudian, untuk melakukan koneksi, silakah ketikkan perintah berikut dari terminal (selama koneksi ke internet, jangan tutup terminal tersebut):
    sudo wvdial smart
  7. Selesai. Harusnya tampilan nya seperti gambar berikut ini
  8. Untuk disconnect, tekan ctrl+c di terminal tadi.
  9. Happy browsing!
Adios.

0 komentar