Beberapa waktu yang lalu, saya berhasil konek internet melalui Ubuntu Lucid Lynx memakai modem Haier ce 100-nya Smart. Hanya saja, ada beberapa masalah kecil (yang sebenernya tidak begitu menggangu, tapi buat penasaran) yang saya temukan di beberapa aplikasi IM dan Firefox.

Untuk pidgin dan empathy, saya tidak bisa login ke YM. Status nya selalu waiting for internet connection. Sebenernya hal ini bisa diakalin dengan men-disable account yahoo melalui account > manage account. Kemudian, untick enable, kemudian, klik lagi. Nah, cara ini cukup merepotkan. Nah, cara yang saya pakai cukup simple sehingga saya tidak perlu men-disable-enable account dulu untuk ym-an.

Untuk pidgin:

  • Klik kanan icon pidgin pada launcher panel, pilih properties.
  • Pada kolom command, tambahkan -f menjadi :
    pidgin -f

  • Close. Coba buka pidgin, seharusnya langsung bisa ym-an tanpa enable-disable account dulu.
Untuk empathy:
  • Buka terminal, kemudian ketikkan perintah berikut ini:
    gconf-editor
  • Nanti, Ubuntu akan membuka jendela configuration editor.
    apps > empathy > untick use_conn
  • Tutup window configuration editor. Kemudian anda bisa mencoba login ym melalui emphaty.
Untuk firefox setiap kali saya buka akan selalu off line mode. Setelah bertanya kesana kemari, katanya koneksi internet saya tidak "berhubungan" dengan network manager. Oleh karena itu, setiap kali mau browsing saya harus untick offline mode pada menu file.

Supaya tidak repot, ikuti cara berikut ini:
  • Buka firefox.
  • Pada address bar (tempat anda memasukkan alamat web site), ketikkan perintah berikut :
    about:config
  • Pada kolom filter, masukkan :
    networkmanager
  • Pada kolom value, yang tadinya bernilai false, set nilainya menjadi true. (Klik 2x)
  • Done. Coba close firefox, dan buka kembali, dan lihat hasilnya :)

0 komentar